Indiegala games - Exclusive

Membuat Kuis Interaktif Di Adobe Flash CS6

Kang Puad - Di era sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan perangkat digital. Apalagi dengan hadirnya smartphone yang canggih. Kehadiran system digital sangat membantu dalam hal kehidupan sehari-hari, seperti di bidang hiburan, kesehatan, pendidikan, maupun yang lainnya.

Pembelajaran di era jaman sekarang kurang efektif apabila pembejalaran hanya mengandalkan sumber dari buku saja, begitu juga untuk memberikan evaluasi belajar dengan di terapkannya sistem digital di harapkan mampu meningkatkan kualitas dari peserta didik.

Oleh karena itu, admin ingin berbagi cara dalam membuat soal digital dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash.

Bagi yang sudah terbiasa dengan Flash pastinya tidak menemui kesulitan dalam membuatnya dan bagi pemula jangan berkecil hati, di bawah ini admin berikan step by step dalam membuatnya.


Cara Membuat Kuis Menggunakan Adobe Flash Dengan Perintah Action Script 3.0

Yuk, baca baik-baik artikel di bawah ini dan jangan lupa dalam membuatnya harus sabar ya.

Langkah-langkah untuk membuat kuis di Adobe Flash

  1. Langkah pertama tentukan terlebih dahulu jumlah kuis yang akan dibuat, sebagai contoh 10 kuis.
  2. Buatlah beberapa tampilan background. Kalian bisa membuatnya langsung di Adobe Flash, atau menggunakan aplikasi yang lain, seperti Corel Draw, Adobe Ilustrator, Photoshop, dan lain-lainya.
  3. Ukuran yang digunakan untuk width = 1000px dan height = 650px.
  4. Selanjutnya buka aplikasi Adobe Flash-nya lalu buatlah dua buah Layer (Layer 1 dan Layer 2). Ubahlah nama setiap layer agar lebih mudah untuk mengingatnya. Contoh: Layer 1 diubah menjadi background dan Layer 2 menjadi isi kuis.
  5. Masukkan gambar background yang sudah dibuat pada layer background. Kemudian pada frame 12 gunakan perintah klik kanan >> klik Insert Keyframe untuk mendapatkan gambar yang sama.
  6. Selanjutnya di Layer 2 (isi kuis) pada frame 1 buatlah identitas mata pelajaran, nama dan kelas dengan menggunakan Text Tool.
  7. Dikolom isian nama dan kelas ubahlah pada properties-nya yang semula Static Text menjadi Input Text.
  8. Lalu ubahlah karakter teks isian nama dan kelas yang semula Anti-alias for readability menjadi Use device font.
  9. Tentukan perataan teks isian nama dan kelas.
  10. Di dalam isian nama dan kelas inputkan variable-nya, untuk memudahkan samakan saja variable-nya. Sebagai contoh Kolom isian nama variable-nya = nama dan kolom kelas variable-nya = kelas.

Merubah Format Vektor Menjadi Symbol

  1. Masih di layer isian kuis buatlah tombol mulai, kemudian jadikan symbol tombol tersebut. Dengan cara klik kanan >> klik Convert to Symbol. Kemudian akan muncul popup, ganti pada kolom name dengan mulai dan untuk type gunakan Button >> klik OK.
  2. Klik dua kali pada tombol mulai, kemudian ubahlah warna tombol masing-masing berbeda warna. Untuk mengisi tombol yang sama pada Over, Down dan Hit lakukan dengan cara klik kanan >> klik Insert Keyframe. Dan untuk kembali ke tampilan semula klik pada Scene 1.

Action Script

Masih di tombol Mulai silakan klik kanan >> klik Action >> inputkan kode berikut

on (release) { nextFrame(); }

Di Layer isian kuis pada frame 1 buatlah action-nya dengan cara klik menu Windows >> klik Action dan inputkan script di bawah ini.

stop(); dan skor=0;

Di Layer isian kuis pada frame 2 lakukan klik kanan >> klik Insert Blank Keyframe >> buatlah daftar pertanyaannya. Pada masing-masing kotak tombol jadikan sebagai Button dan berikan action script berikut.

on (release) { nextFrame(); }

Seterusnya pada jawaban yang benar tambahkan action script-nya di bawah ini.

on (release) { nextFrame(); skor++; }

Selanjutnya lakukan hal yang sama pada frame 3 sampai frame 11.

Di Layer isian kuis pada frame 12 lakukan klik kanan >> klik Insert Blank Keyframe >> buatlah seperti pada gambar di bawah ini dan letakkan di frame 12.

Lalu pada kolom isian nama, kelas dan nilai ubahlah pada Properties-nya menjadi Dinamic Text dan selanjutnya untuk kolom isian nilai inputkan “ hasil “ pada variable-nya,

Buatlah tombol Ulangi dengan menggunakan button dan inputkan action script-nya di bawah ini.

on (release) { gotoAndPlay(1); }

Kemudian pada frame 12 inputkan action script-nya di bawah ini.

hasil=skor*10;

Silakan lakukan tes dengan menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl+Enter. Jika dapat berjalan dengan baik, berarti kalian melakukannya dengan benar.

Apa bila Agan punya kiritk dan saran, silakan oret-oret di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Facebook
Twitter
Google+
LinkedIn

Subscribe Now:

0 Response to "Membuat Kuis Interaktif Di Adobe Flash CS6"

Post a Comment